Monday, December 25, 2006

ANIMASI

LANGKAH LANGKAH MEMBUAT FILM ANIMASI

Dalam pembuatan sebuah film animasi ada tahap tahap yang harus dilakukan untuk menghasilkan karya yang memuaskan.

1. Membuat ide cerita, ini adalah salah satu hal yang terpenting dalam sebuah film. Karena film adalah sebuah tontonan yang menghibur para penonton bukan hanya sebuah gerakan. Jadi harus membuat cerita yang menarik dan menghibur

2. Menuliskan cerita, dalam dunia perfilman biasa disebut ScripWriting. Dalam sebuah script berisi antara lain; synopsis, treatment, storyline.

3. Membikin Storyboard, setelah story line dibuat maka dari alur cerita kemudian divisualkan masih dalam bentuk gambar di atas kertas. Story board mirip dengan komik tetapi mempunyai aturan tersendiri dalam formatnya. Story bord biasanya berisi visual dari cerita, sound, cara pengambilan gambar, waktu. Biasanya satu cut diwakilkan dalam sebuah gambar.

4. Menbuat Sound, sebelum membuat animasinya maka alangkah baiknya untuk membuat dan merekan suara suara yang akan ada dalam film seperti suara latar dsb. Hl ini di maksudkan agar nanti dalam proses penganimasian lebih mudah karena gerakan animasi dibuat berdasarkan waktu dari soundnya. Tetapi jika dibalik sound yang menyesuaikan animasi maka sangat sulit untuk menyamakan waktunya.

5. Membikin Animasi, ini adalah bagian inti dari pembuatan film kartun. Dilakulan oleh animator. Proses pembuatan berdasarkan story board yang telah dibuat. Mebuat animasi tiap cut/scene dalam story board satu persatu

6. Mixing, setelah semua scene selesai dibuat maka kemudian semua digabung menjadi satu dan dimix dengan soundnya sesuai dengan storyboardnya. Proses mixing dilakukan dengan bantuan software tertentu seperti dalam video editing. Karena memang dalam proses ini dilakukan oleh video editor.

7. Finishing, tahap penyelesainnya adalah dengan merender gabungan film tersebut agar menjadi dalam satu format video.

HAL HAL YANG HARUS DI MENGERTI DALAM RANGKA MEMBUAT FILM ANIMASI

Beberapa hal yang seharusnya di pahami dalam proses pembuatan sebuah film animasi

  1. Tentang scripwriting dan Storyboard

Biasa dikenal dengan sebuatan naskah drama. Biasanya dalam proses pembuatan film ada bagian sendiri yang bertindak sebagi scriptwriter

  1. Tentang Cara Pengambilan Gambar (Shoting)

Ada banyak tehnik Shooting yang standar seperti Long Shot (LS), medium long shot (MLS)dll.

  1. Tentang Tehnik Perekeman Suara

Dalam sebuah film biasanya menggunakan suara untuk mendukung suasana cerita, maka perlu dibuatkan suara. Cara merekam untuk film film besar biasanya dengan rekman dalam sebuah ruang rekaman yang kedap suara. Tapi bagi amatir bisa langsung di PC dengan memanfaatkan program tertentu seperti Adobe audition, Sony sound forge dll.

  1. Tentang Peran Seorang Animator

Animator adalah si pembuat animasi yaitu seorang yang tugasnya membuat gerakan tokohnya.

  1. Tentang Jenis jenis Format Video

Ada dua fomat video yang standar dalam perfilman yaitu PAL dan NTSC

  1. Tentang Cara Mengedit Video

Mengedit video adalah hal yang penting dalam pembuatan film, karena visulisasi yang bagus tergantung dari editingnya.

Dalam Proses pembuatan film Animasi supaya hemat waktu dan efisien biasanya minimal dikerjakan oleh lima orang:

a) Scripwriter

b) Pembuat Storyboard

c) Animator

d) Video editor

e) Sound editor

No comments: